Menyempurnakan wudhu' itu bukan hanya melaksanakan syarat-syaratnya saja.



Mencari keihklasan dalam melaksanakan shalat  episiode 2 ( dua )

Artikel sebelumnya<<<<<<<<<<<

Sudah  di sempurnakankah  ketika berwudhu' ?

Untuk mencapai shalat sempurna,  banyak di antara kita  yang lalai dengan prihal - prihal kecil, yang jarang kita fahami, tetapi sebenarnya sangat bermamfaat untuk kelangsungan melaksanakan shalat. Secara umum tidak sah shalatnya seseorang ketika tidak berwudhu'. Sahnya berwudhu' di antaranya

1.Islam
2.Tamyiz ( berakal )
3.Tidak berhadats besar
4.Dengan air suci lagi mensucikan
5.Tidak ada sesuatu yang menghalangi air ke anggota wudhu'
6.Mengetahui yang rukun, yang wajib dan yang sunah

Saya kira anak SD pun hafal dengan ketentuan - ketentuan wudhu' tersebut, kemudian pengertian - pengertian dari enam kreteria sahnya wudhu' mereka juga hafal. Kita harus bisa menyadari, kita ini hanya seorang hamba yang hidup hanya karena di tiupkan roh ke jaringan tubuh kita, yang bisa makan atas dasar makanan yang di beri-Nya. Dan kita sebenarnya tidak bisa apa - apa tanpa campur tangan Allah. Sebagai orang yang menyadari betapa diri kita teramat hina di hadapan-Nya. Sebagai pengabdian kita terhadap-Nya, maka kita di perintahkan salah satu di antara shalat. Allah menguji kepatuhan hamba- hamba-Nya melalui shalat.

Sebelum melakukan wudhu' kita harus yakinkan apakah kita benar - benar sudah bersuci dengan benar. Ketiaka kita berhubungan intim, apakah kita sudah bersuci dari hadas besar dengan benar, ketika kita buang hadats besar maupun kecil apakah kita sudah bersuci dengan benar dan lain - lainya. Sesuai dengan aturan - aturan syariat Islam .Karena hal tersebut sangat erat hubunganya dengan kesempurnaan saat berwudhu'. Dari hal - hal sekecil itulah sebenarnya diantaranya yang membuat ketidak nyamanan ketika melakukan shalat baik lima waktu maupun sunah.

Satu hal lagi yang jarang di perhatikan, ketika sedang di perjalanan kemudian istrahat di masjid - masjid atau musolah waktu akan melaksanakan shalat. Kebanyakan dari kita langsung berwudhu', padahal kalau kita menyadari anggota tubuh kita di bagian - bagian sensitf mengeluarkan keringat, yang menimbulkan kotor. Ada baiknya sebelum melakukan wudhu' kita kekamar kcil terlebih dahulu untuk membersihkan dengan air, setelah di rasa bersih baru mengambil wudhu'.

Bisa di katakan hal tersebut sangatlah sepele, namun disini bukanlah sepelenya yang jadi permasalahan tetapi adalah sebuah kesadaran manusia yang akan menghadap kepada Tuhannya. Disisi lain, apapun yang kita lakukan untuk berbenah karena Allah, memperbaiki amalan- amalan kita karena Allah adalah sebuah kewajiba bagi muslim. Tidak ada manusia yang sempurna melakukan ibadahnya karena kesempurnaan hanya milik Allah swt.

Umar Radhiallahu anhu mengatakan :

"Sesungguhnya hisap pada hari kiamat akan menjadi ringan, hanya bagi orang yang selalu menghisab dirinya pada saat hidup di dunia." ( HR. Tirmidzi )

Wassalam

Artikel selanjutnya>>>>>>>>>>