Shalat - Firman Allah SWT



Mencari keihklasan dalam melaksanakan shalat episiode ke 4 ( empat )

Artikel sebelumnya<<<<<<<<<<<<

Firman Allah  swt yang berhubungan dengan shalat

Setelah melakukan hadats dan wudhu' dengan benar selanjutnya kita melaksanakan shalat. Bacaan-bacaan shalat pada umumnya sama, baik shalat wajib maupun sunah, hanya niatnya saja yang berbeda.

Shalat merupakan amalan yang paling terpenting bagi umat muslim, karena yang membedakan antara muslim dan non muslim itu adalah shalatnya. Juga amalan yang paling pertama sekali di hisab di hari kiamat nati adalah shalat. Sebelumnya untuk mendukung artikel ini dalam membahas memperbaiki shalat akan saya sajikan beberapa Firman Allah  swt.

 Firman Allah swt:
 Surat Albaqarah Ayat 3
 " (yaitu) mereka yang beriman kepada yang ghaib, yang mendirikan shalat, dan menafkahkan sebahagian rezeki yang Kami anugerahkan kepada mereka." ( Surat Albaqarah Ayat 3 )
Surat Al-Baqarah Ayat 43 
"Dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat dan ruku'lah beserta orang-orang yang ruku'. ( Surat Al-Baqarah Ayat 43 )
Surat Al- Baqarah Ayat 45
" Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu', ( Surat Al- Baqarah Ayat 45 )

Surat Al-Baqarah Ayat 238
" Peliharalah semua shalat(mu), dan (peliharalah) shalat wusthaa. Berdirilah untuk Allah (dalam shalatmu) dengan khusyu'.( Surat Al-Baqarah Ayat 238 )

Surat Al-Baqarah Ayat 277
" Sesungguhnya orang-orang yang beriman, mengerjakan amal saleh, mendirikan shalat dan menunaikan zakat, mereka mendapat pahala di sisi Tuhannya. Tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati." ( Surat Al-Baqarah Ayat 277 )

Surat An-Nisa' Ayat 102
"Dan apabila kamu berada di tengah-tengah mereka (sahabatmu) lalu kamu hendak mendirikan shalat bersama-sama mereka, maka hendaklah segolongan dari mereka berdiri (shalat) besertamu dan menyandang senjata, kemudian apabila mereka (yang shalat besertamu) sujud (telah menyempurnakan serakaat), maka hendaklah mereka pindah dari belakangmu (untuk menghadapi musuh) dan hendaklah datang golongan yang kedua yang belum bersembahyang, lalu bersembahyanglah mereka denganmu], dan hendaklah mereka bersiap siaga dan menyandang senjata. Orang-orang kafir ingin supaya kamu lengah terhadap senjatamu dan harta bendamu, lalu mereka menyerbu kamu dengan sekaligus. Dan tidak ada dosa atasmu meletakkan senjata-senjatamu, jika kamu mendapat sesuatu kesusahan karena hujan atau karena kamu memang sakit; dan siap siagalah kamu. Sesungguhnya Allah telah menyediakan azab yang menghinakan bagi orang-orang kafir itu." ( Surat An- Nisa' Ayat 102 )

Surat An-Nisa' Ayat 103
" Maka apabila kamu telah menyelesaikan shalat(mu), ingatlah Allah di waktu berdiri, di waktu duduk dan di waktu berbaring. Kemudian apabila kamu telah merasa aman, maka dirikanlah shalat itu (sebagaimana biasa). Sesungguhnya shalat itu adalah fardhu yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman." ( Surat An-Nisa' Ayat 103


Surat Al-Ma'idah Ayat 6
" Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan shalat, maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kakimu sampai dengan kedua mata kaki, dan jika kamu junub maka mandilah, dan jika kamu sakit atau dalam perjalanan atau kembali dari tempat buang air (kakus) atau menyentuh perempuan, lalu kamu tidak memperoleh air, maka bertayammumlah dengan tanah yang baik (bersih); sapulah mukamu dan tanganmu dengan tanah itu. Allah tidak hendak menyulitkan kamu, tetapi Dia hendak membersihkan kamu dan menyempurnakan nikmat-Nya bagimu, supaya kamu bersyukur." ( Surat Al- Ma'idah ayat 6)

Artikel selanjutnya>>>>>>>>>>>