Shalat - Islam - Firman yang berhubungan dengan shalat



Mencari keihklasan dalam melaksanakan shalat episiode 5 ( lima )

Artikel sebelumnya<<<<<<<<<<

Kemuliyaan hanya milik Allah
Cukup banyak sekali Firman Allah yang mengatakan tentang shalat. Sebagai hamba yang mensyukuri nikmat dan karuniah-Nya yang di limpahkan tanpa batas ruang waktu, sangatlah wajar jika terus berusaha dan berupaya semaksimal mungkin untuk selalu mengerjakan perintah-Nya. Berupaya memperbaiki dari waktu - ke waktu,  dengan ihtiar yang kita perbuat semoga  Allah memberi petunjuk dan memberi jalan yang lurus, sehingga shalat yang kita kerjakan mendapat ridho dari-Nya.

Di kesempatan ini saya masih akan menyajikan Firman- Firman Allah  yang di kesempatan sebelumnya masih ada yang tertinggal. Sebagai manusia biasa saya tidak luput dari kehilapan dan kekurangan, karena di artikel Mencari keihklasan dalam melaksanakan shalat, saya akan mencoba menyajikan terlebih dahulu Firman- Firman Allah yang berhubungan dengan shalat dan juga nanti akan menyusul beserta hadist-hadist Rasulullah. Hal ini di lakukan  untuk mendukung kelanjutan artikel yang saya buat.


Surat At- Taubah Ayat 11
" Jika mereka bertaubat, mendirikan sholat dan menunaikan zakat, maka (mereka itu) adalah saudara-saudaramu seagama. Dan Kami menjelaskan ayat-ayat itu bagi kaum yang mengetahui." ( Surat At - Taubah Ayat 11 )


Surat At - Taubah Ayat 54
"Dan tidak ada yang menghalangi mereka untuk diterima dari mereka nafkah-nafkahnya melainkan karena mereka kafir kepada Allah dan Rasul-Nya dan mereka tidak mengerjakan sembahyang, melainkan dengan malas dan tidak (pula) menafkahkan (harta) mereka, melainkan dengan rasa enggan." ( Surat At - Taubah Ayat 54 )

Surat Hud Ayat 114
"Dan dirikanlah sembahyang itu pada kedua tepi siang (pagi dan petang) dan pada bahagian permulaan daripada malam. Sesungguhnya perbuatan-perbuatan yang baik itu menghapuskan (dosa) perbuatan-perbuatan yang buruk. Itulah peringatan bagi orang-orang yang ingat." Surat Hud Ayat 114 )


Surat Al - Isra' Ayat 78
"Dirikanlah shalat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam dan (dirikanlah pula shalat) subuh. Sesungguhnya shalat subuh itu disaksikan (oleh malaikat)."(  Surat Al Isra' Ayat 78 )

Surat Al- Isra' Ayat 79
"Dan pada sebahagian malam hari bersembahyang tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji." ( Surat Al - Isra' ayat 79 )



Surat Maryam Ayat  59
" Maka datanglah sesudah mereka, pengganti (yang jelek) yang menyia-nyiakan shalat dan memperturutkan hawa nafsunya, maka mereka kelak akan menemui kesesatan," ( Surat Maryam Ayat 59 )


Surat Ta Ha Ayat 14
"Sesungguhnya Aku ini adalah Allah, tidak ada Tuhan (yang hak) selain Aku, maka sembahlah Aku dan dirikanlah shalat untuk mengingat Aku." ( Surat Ta Ha Ayat 14 )


Surat Al - Hajj Ayat 77
"Hai orang-orang yang beriman, ruku'lah kamu, sujudlah kamu, sembahlah Tuhanmu dan perbuatlah kebajikan, supaya kamu mendapat kemenangan." ( Surat Al Hajj Ayat 77 )

Surat Al - Mu'minun Ayat 2
"(yaitu) orang-orang yang khusyu' dalam sembahyangnya," ( Surat Al - Mu'minun Ayat 2 )
Surat Al - Mu'minun Ayat 9
" dan orang-orang yang memelihara sembahyangnya." (Surat Al - Mu'minun Ayat 9 )


Surat Al - Ankabut Ayat 45
"Bacalah apa yang telah diwahyukan kepadamu, yaitu Al Kitab (Al Quran) dan dirikanlah shalat. Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan-perbuatan) keji dan mungkar. Dan sesungguhnya mengingat Allah (shalat) adalah lebih besar (keutamaannya dari ibadat-ibadat yang lain). Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan." ( Surat Al - Ankabut Ayat 45 )


Surat Al - Ma'arij Ayat 23
" yang mereka itu tetap mengerjakan shalatnya," ( Surat Al - Ma'arij ayat 23 )


Surat Al - Muzzammil Ayat 20
"Sesungguhnya Tuhanmu mengetahui bahwasanya kamu berdiri (sembahyang) kurang dari dua pertiga malam, atau seperdua malam atau sepertiganya dan (demikian pula) segolongan dari orang-orang yang bersama kamu. Dan Allah menetapkan ukuran malam dan siang. Allah mengetahui bahwa kamu sekali-kali tidak dapat menentukan batas-batas waktu-waktu itu, maka Dia memberi keringanan kepadamu, karena itu bacalah apa yang mudah (bagimu) dari Al Quran. Dia mengetahui bahwa akan ada di antara kamu orang-orang yang sakit dan orang-orang yang berjalan di muka bumi mencari sebagian karunia Allah; dan orang-orang yang lain lagi berperang di jalan Allah, maka bacalah apa yang mudah (bagimu) dari Al Quran dan dirikanlah sembahyang, tunaikanlah zakat dan berikanlah pinjaman kepada Allah pinjaman yang baik. Dan kebaikan apa saja yang kamu perbuat untuk dirimu niscaya kamu memperoleh (balasan)nya di sisi Allah sebagai balasan yang paling baik dan yang paling besar pahalanya. Dan mohonlah ampunan kepada Allah; sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang." ( Surat Al - Muzzammil Ayat 20 )


Surat Al- Muddassir Ayat 42-43-44
"Apakah yang memasukkan kamu ke dalam Saqar (neraka)?" ( 42 )
"Mereka menjawab: "Kami dahulu tidak termasuk orang-orang yang mengerjakan shalat," ( 43 )
"dan kami tidak (pula) memberi makan orang miskin," ( 44 )

Artikel selanjutnya>>>>>>>>>>